Kamis, 28 November 2013

KAYU KOKKA





Semua makhluk yang diciptakan Allah SWT ada peranan masing-masing di dalam alam ini, Tidak ada satu pun yang sia-sia penciptaannya oleh Allah, cuma perlu kajian mendalam untuk mengetahui kegunaan dan manfaatnya. Sebagaimana diciptakan garam yang punya sifat asin sehingga dapat digunakan untuk menambah rasa nikmat di dalam makanan, begitu juga tujuan penciptaan batu, kayu, permata dan lain-lain, masing-masing mempunyai manfaat tersendiri.
Penggunaan kayu kokka untuk khasiat tersebut di atas diserahkan kepada masing-masing pembeli karena memang belum ada kajian kedokteran resmi yang menunjang pembuktian khasiat dari kayu kokka tersebut, bahkan salah dalam menyikapinya kita terjerumus dalam menyekutukan Allah SWT (Syirik), pada dasarnya kita GrosirKaukahSurabaya cuma memproduksi kayu tersebut menjadi hiasan indah sebagai cincin kalung juga gelang.Untuk permintaan khusus kami juga memproduksi kayu kokka yang dijadikan tasbih cantik.

Kayu Kokka atau sering disebut juga Kayu Kaukah adalah sejenis tumbuhan palma, “Koka’ yaitu sebutan bagi orang Turki, ‘kuka’ asal katanya ‘Coco De Mer’ atau ‘Melanococa’ digunakan untuk menghasilkan minyak. Kayu kokka dihasilkan dari spesies pokok palma ‘Attalea Funifera’. Menurut cerita kayu kokka pernah menjadi bagian dari kemujizatan saat digunakan Nabi Musa AS, yang bisa membelah laut merah saat dikejar pasukan Firaun. Kayu kokka juga pernah digunakan Nabi Nuh AS untuk membuat bahan dasar kapal dan bisa menyelamatkan beliau dari arus banjir bandang. Adapun Nabi Sulaiman AS juga pernah menggunakan kayu itu dan berhasil menguasai seluruh jin. Kayu kokka juga pernah digunakan Nabi Muhammad SAW sebagai tasbih. Dengan demikian, kayu kokka lebih tinggi mutunya bila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya di atas bumi ini. Kerajinan kayu kokka memiliki berbagai variasi warna, yaitu merah mengkilap, coklat kekuningan dan kehitaman.


Khasiat kayu kokka sebagaimana disebut dalam buku “Mushaf * Tasbih * Tongkat – Koleksi Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu`izzaddin Wad daulah” susunan Pehin Mufti Negara Brunei Darussalam, Ustaz Haji Awang Abdul Aziz bin Juned (mufti sekarang ini) yang diterbitkan pada tahun 2001 oleh Jabatan Mufti Kerajaan, Jabatan Perdana Menteri, Negara Brunei Darussalam. Pada halaman 235 – 236 dinyatakan, terdapat tiga jenis kayu koka asli, yaitu Kokka Nigeria, Kokka Iran dan Kokka Turki. Kayu Kokka dipercayai mempunyai banyak khasiat.
  1.  Jika kayu kokka dipakai di badan gelang/kalung maka akan menolak : gigitan & sengatan hewan berbisa. Terhindar dari sial dan marabahaya. (Dari berbagai sumber)
  2. Bagi anak kecil yang linglung atau kesurupan, gosok-gosoklah kayu kokka di dahinya (Dari berbagai sumber)
  3. Untuk yang urat dan ototnya sakit gosok-gosokkan kayu kokka ke tempat yang sakit, niscaya segera sembuh (Dari berbagai sumber)
  4. Orang yang memakai perhiasan kayu kokka disukai di pergaulan serta terhindar dari sering kena sakit kepala. (Dari berbagai sumber)
Membedakan Antara Kokka Asli dan Pals

Pohon Kokka banyak ditemukan di Nigeria, Turki, Madagaskar dan Iran, dengan beberapa perbedaan, yaitu yang tumbuh di hutan dan pantai. Sedangkan yang disebut buah kokka yang dijadikan tasbih dan aksesoris lainnya sebenarnya adalah buah pohon Attalea Funifera  sejenis pohon palm seperti Kokka, Coquilla, Coco De Mer atau Melanococa. Funifera pohon Attalea (Arecaceae) kayunya tentu kasar dan berserat, jadi jika dibuat butiran tasbih tidak semulus buahnya yang keras mirip batok kelapa, tetapi jika pengrajin terampil dalam membuat butiran tasbih terbuat dari pohon kokka akan lebih baik daripada buahnya.

Mengapa tasbih kokka yang beredar di pasaran saat ini 95% mayoritas terbuat dari buah kokka bukan dari kayunya? sebenarnya ini dikarenakan faktor kesulitan dalam proses pembuatannya, tapi yang terpenting sebenarnya karena alasan yang kedua yaitu karena proses impor kayu kokka tidak semudah yang kita bayangkan. Ini seperti halnya kita mau menjual kayu gelondongan Jati ke Malaysia atau ke Amerika. Bayangkan seperti apa sulitnya.

Karakteristik Kokka yang asli baik kayu maupun buahnya adalah tenggelem plung langsung kedasar bawah air atau kolam yang sangat dalam. Tenggelam dalam air (tidak mengambang), selalu terlihat berminyak dan memiliki aroma yang khas kokka yang tidak bisa ditiru.








     
·     Kokka selalu memiliki tanda-tanda retak, baik secara langsung atau retak retak di dalamnya. Sulit sekali menemukan tasbih yang mulus-lus kecuali dengan cara melakukan seleksi khusus. Yaitu yang retak disisihkan dan yang mulus disisihkan. Cara ini efektif tapi kemudian tentu harga kokka yang semua mulus menjadi sangat mahal
·         Kokka tidak berwarna asal coklat semuanya seperti kayu jati, karena ada juga kokka yang berwarna putih, coklat putih, coklat muda, coklat tua dan bahkan hitam legam atau ada yang campuran hitam putih seperti zebra  tergantung pada usia jenis dan kualitas kokka.
·         Kokka buahnya akan jatuh setelah usia rata-rata 50 tahun, tetapi ada juga beberapa dekade yang sudah jatuh atau dipetik tapi kualitasnya tidak begitu super.
·         Jika Kokka di rendam dalam minyak goreng, minyak kemiri atau non alkohol maka akan selalu berubah warna menjadi coklat tua sampai hitam.
·         Kokka warna asli selamanya tidak akan pernah pudar karena semakin lama akan berwarna coklat tua sampai hitam berkilauan.
·         Untuk buah kokka ada dua jenis yang pertama tidak ada isinya atau sering disebut juga buntu, buntet, buta dll dan yang kedua ada isinya alias lubang atau kokka wanita/perempuan
·         Kokka mempunyai berat yang khas, juga suaranya khas ketika antara bulir yang satu bertabrakan dengan bulir yang lainnya
·         Kokka asli jika setelah di rendam minyak alami maka warnanya akan kembali seperti semula secara perlahan tetapi akan berubah lebih kelihatan tua dan goresan retaknya akan semakin kelihatan, tapi jangan kwatir goresan retak inilah justru ciri has kokka asli dan tidak akan pecah, jika terpaksa kokka anda pecah jangan risau, ambil pecahannya dan tempelkan perlahan dengan perekat besi misalnya lem elteco.



Kolang kaling asli warnanya adalah putih tapi jika dilakukan penggorengan biji itu akan berubah warna coklat-hitam gelap

·         Bahwa biji kolang kaling jika goreng masih akan mudah untuk menarik keluar jamur, tapi jamur akan hilang jika dibersihkan dengan kain lembut dan jika kokka direndam dalam minyak atau minyak alami lainnya akan cerah lagi dan warna akan tidak berubah sebagai kokka asli.
·         Biji kolang kaling yang disulap menjadi kokka palsu jika butirannya di pecah maka tetap saja berwarna putih, namun ada pemalsuan yang lebih canggih warnanya juga bisa berubah coklat setelah mengalami proses kimia.
·         Kokka palsu dari manik-manik biji kolang kaling beratnya hampir sama dengan biji kokka asli.
·         Kokka palsu dari manik-manik biji kolang kaling untuk membuktikan keasliannya maka pecahlah, walau sudah di goreng masih di dalamnya masih putih.
·         Kokka manik palsu kolang kaling, jika memakai pewarna lama-lama akan berubah menjadi coklat muda dan cenderung untuk secara bertahap menjadi putih.
Untuk membeli Kokka asli hubungi Bpk. Husain di SMS/Whatsapp 0821 4090 7203, Pin BB 27a9fd98

Tidak ada komentar:

Posting Komentar